gravatar

Sistem Operasi Terhadap Aplikasi yang dijalankannya

1. Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer

Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer.

2. Sistem operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine)

sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sumber Daya Sistem Komputer
a. Sumber daya fisik
Sumber daya fisik misalnya:
- keyboard, barcode reader
- mouse, joystick, ligt-pen, track ball, touch screen, pointing device.
- floppy disk drive, harddisk, tape drive, optical disk, CD ROM drive dan peranggkat sekunder lainnya.

b. Sumber daya abstrak
Sumber daya abstrak terdiri dari:
1. data
2. Program
Data
• Semaphore untuk pengendalian sinkronisasi proses-proses.
• PCB (process control block) untuk mencatat dan mengendalikan proses
• Tabel segmen, table page, i-node, FAT untuk pengendalian memori.
• Berkas (file) untuk penyimpanan data dan program

Program
Program berupa kumpulan instruksi yang dapat dijalankan sistem komputer. program dapat berupa:
- utilitas, atau
- Aplikasi untuk mencapai tujuan komputasi (pengolahan) tertentu.
Dasarnya semua yang tedapat atau terhubung ke sistem komputeradalah sumber daya. Seluruh sumber daya harus dapat dimanfaatkan secara efektif dan efiesien. pemanfaatan harus benar dan mempunyai efiesiensi yang setinggi mungkin, merupakan sasaran yang harus dicapai sistem operasi.


Penyedia layanan
Sistem operasi menyediakan layanan pengaksesan sumber daya sehingga pemrogram tidak dirumitkan rincian operasi perangkat keras yuang menjenuhkan. Pemakai dapat memandang sistem komputersebagai kumpulan layanan yang disediakan sistem operasi. Layanan-layanan ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan bahasa mesin secara langsung.

Menurut Stalling (STA-95)
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran antara lain:

Kenyamanan
Sistem operasi harus membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman

Efiesiensi
Sistem operasi menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer secara efiesien

Mampu berevolusi
Sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian dan pengajuan fiungsi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan sistem komputer.

2.2.1 Sistem operasi sebagai pengelola Sumber Daya
Sistem komputer adalah sekumpulan sumber daya untuk memindahkan, menyimpan, dan memproses data, serta untuk mengendalikan fungsi-fungsi tertentu. sistem operasi bertanggung jawab mengelola sumber daya-sumber daya sistem komputer.


Tugas
sistem operasi bertanggung jawab mengelola sumber daya agar penggunaan sumber daya dapat secara benar dan efisien.

2.2.2 Sistem operasi sebagai Extented Machine/Virtual Machine
Sistem operasi sebagai extended machine/virtual machine berfungsi sebagai berikut:
o Memberi Absrtaksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhana dan menyembunyikan kerumitan perangkat keras.
o Basis untuk program lain.

Absraksi mesin tingkat tinggi yang lebih sederhan dan menyembunyikan kerumitan poerangkat keras.
Sistem operasi menyediakan sistem call(Atau API= Application programming interface), abstraksi tingkat tinggi mengenai mesin untuk pemrograman. sistem call berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang mudah daan nyaman.

Basis untuk program lain
Program aplikasi dijalankan diatas sistem operasi. program-program dalam mengendalikan dan memanfaatkan sumber daya sistem komputerdengan meminta layanan sistem operasi untuk mengendalikan sumber daya bagi aplikasi agar pemanfaatan sumber daya sistem komputerdilakukan secara benar dan efisien.

Menurut Stalling (STA-95)
Sistem operasi seharusnya menyediakan layanan-layanan di bidang berikut:

Pembuatan program
Sistem operasi menyediakan beragam fasilitas dan layana untuk membantu pemrogram menulis program, biasanya berbentuk program utilitas. program utilitas bukan bagian sistem operasi tapi dapat diakses lewat sistem operasi.

Eksekusi program
Sejumlah tugas perlu dilakukan untuk mengeksekusi program. instruksi-instruksi dan data harus dimuat ke memori utama, perangkat-perangkat masukan/keluaran dan berkas-berkas harus diinialisasi, serta sumber daya-sumber daya harus disiapkan. sistem operasi harus menangani semua itu untuk pemakai/program.

Pengaksesan perangkat masukan
Tiap perangkat masukan/keluaran memrlukan sejumlah instruksi atau sinyal kendali yang rumit menjengkelkan agar perangkat dapat beroperasi. sistem operasi harus mengambil alih rician-rincian itu sehingga pemrogram dapat berfikir secara sederhana dalam memanfaatkan perangkat itu, misalnya dalam abstraksi sebagai membaca dan menulis berkas.

Pengaksesan terkendali terhadap berkas
Pada sistem dengan banyak pemakai simultan, sistem operasi meyediakan mekanisme proteksi untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas.

Pengaksesan sistem
Pada sistem public atau pemakai bersama (shared sistem), sistem operasi mngendalikan pengaksesan ke sumber daya-sumber daya sistem secara keseluruhan. Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sumber daya dan data dari pemakai tak diotorisasi serta harus menyelesaikan konflik-konfik dalam perebutan sumber daya.

Deteksi dan memberi tangggapan terhadap kesalahan
Beragam kesalahan dapat muncul di sistem computer. Sistem operasi harus memberi tanggapan yang menjelaskan kondisi kesalahan dengan dampak terkecil bagi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.
Tanggapan dapat berupa pengakhiran program yang menyebabkan kesalahan, mencoba ulang, atau sekedar melaporkan kesalahan.

Akunting
Sistem operasi yang bagus mengumpulkan data statistic penggunan beragam sumber daya dan memonitor para meter kinerja seperti waktu tanggap. Pada suatu sistem, informasi ini berguna dalam mengantisipasi kebutuhan di masa yang akan dating dfan dalam menyesesuikan sistem untuk meningkatkan kinerja. Pada sistem banyak pemakai (multi user sistem) yang disewakan, informasi ini digunakan untuk penagihan ongkos pemakaian.

Artikel Terkait by Categories



Widget by Uda3's Blog
Bagikan